Kamis, 09 Desember 2010

desain dan animasi grafis

MACROMEDIA FLASH 8
Ada beberapa menu di halaman awal macromedia Flash MX professional , yaitu:
1. Open a Recent Item
Merupakan kategori yang menampilkan semua file / dokumen flash yang sudah dibuat dalam ekstension .fla
2. Open
Merupakan perintah untuk membuka dokumen yang sudah pernah dibuat namun tidak tercakup di Open Recent Item karena keterbatasan tempat
3. Create New
Merupakan perintah untuk membuat dokumen/ file flash baru.
4. Create from Template
Merupakan template yang disediakan oleh Macromedia dalam bentuk user Interface
5. Extend
Perintah ini akan memanggil situs web macromedia untuk sesion Exchange.
6. Learn
Merupakan perintah untuk menuju ke halaman bantuan Flash (Help). Pertama-tama kita harus mengenal terlebih dahulu lingkungan kerja Macromedia Flash. Pada bagian kiri terdapat Tools, di bagian atas tengah Timeline, yang digunakan untuk mengatur timeline animasinya, dan pada bagian tengah-tengah terdapat Stage yaitu bagian yang visible secara visual saat di-publish atau di preview di browser.


Area Flash terdiri atas enam bagian, yaitu :
1. Menu, berisi kumpulan instruksi atau perintah-perintah yang digunakan dalam
flash.
2. Stage adalah dokumen atau layar yang akan digunakan untuk meletakan objekobjek
dalam flash.
3. Toolbox, berisi tool – tool yang berfungsi untuk membuat, menggambar, memilih
dan memanipulasi objek atau isi yang terdapat dilayar atau timeline.
4. Timeline, berisi layer dan frame-frame yang berfungsi untuk mengontrol objek
yang akan dianimasikan.
5. Panels, berisi kontrol fungsi yang dipakai dalam flash, yang berfungsi untuk
mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek animasi secara cepat
dan mudah.
6. Properties, fungsinya sama dengan panels, hanya saja properties merupakan
penggabungan atau penyederhanan dari panels, jadi dapat mempercepat
dalam mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek ,animasi dan
frame secara langsung.
A. MENU
Menu pada Macromedia Flash Pro 8 terdiri dari: File, Edit, View, Insert, Modify, Text
Commands, Control, Window dan Help. Anda dapat melihat submenu yang terdapat pada masing-masing menu dengan mengeklik satu kali pada menu yang ingin Anda pilih.
B. TOOLBOX
Dalam Flash MX 2004 Toolbox berfungsi untuk menyimpan berbagai peralatan standar yang
digunakan dalam membentuk atau memanipulasi bentukbentuk yang telah anda buat sebelumnya.
Toolbox dalam Flash terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :
1. Tools
Dalam bagian ini berisi alat-alat (tool) yang berguna untuk membentuk dan merubah tampilan dari
berbagai macam objek.
a. Selection Tool
Tool ini berguna untuk menyeleksi objek atau merubah bentuk sebuah objek. Anda dapat
memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key V
pada keyboard.
b. Subselection Tool
Tool ini berguna untuk merubah bentuk sebuah objek pada titik atau nodenya. Anda dapat
memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key A
pada keyboard.
c. Line Tool
Tool ini berguna membuat bentuk garis. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon
dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key N pada keyboard.
d. Lasso Tool
Tool ini berguna untuk memotong objek. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon
dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key L pada keyboard.
e. Pen Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk objek dalam titik atau node. Anda dapat memilihnya
dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key P pada
keyboard.
f. Text Tool
Tool ini berguna untuk membuat teks. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon
dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key T pada keyboard.
g. Oval Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk oval atau lingkaran. Anda dapat memilihnya dengan
memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key O pada keyboard.
h. Rectangle Tool dan Polystar Tool
Tool ini berada pada satu tempat, dan anda dapa memilih dalah satunya dengan klik tahan pada
tool.
1. Rectangle Tool(R)
Tool ini digunakan untuk membuat persegi panjang gunakan tombol shift untuk membuat
bujur sangkar.pilih custom pada menu properties untuk membuat rectangle lebih unik.
2. PolyStar Tool
Tool ini digunakan untuk membuat poligon misal segi-4, segi-5,dsb.Untuk memilih segi
poligon tersebut dpt dilihat di menu plg properties yg ada paling bawah lalu pilih options.
Lalu diisi saja Number of Sides yg dikehendaki.
i. Pencil Tool
Tool ini berguna untuk membuat bentuk yang anda sukai, namun berbasis garis. Anda dapat
memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key Y
pada keyboard.
j. Brush Tool
Tool ini digunakan untuk melukis, dimana warna yang diwakili adalah warna fill. Sehingga tipe
dari object yang anda buat dengan Brush Tool adalah fill bukan outline. Modifier untuk tool ini
adalah
1. Lock Fill, dengan aktifnya option ini kita dapat mengikuti pola warna dari object yang di fill
sebelumnya.Ini akan sangat efektif pada saat kita memakai gradiasi.
2. Brush Type, pada option ini kita dapat memilih beberapa mode dengan fungsi tertentu.(liat
gambar).
3. Brush size, menentukan ukuran dari brush yang dipakai.
4. Brush shape, menentukan bentuk dari brush yang dipakai.
k. Free Transform Tool
Tool ini berguna untuk merubah / transformasi bentuk berupa ukuran, rotasi, maupun skew. Anda
dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut
key Q pada keyboard.
l. Gradient Transform Tool
Tool ini berguna untuk merubah warna gradasi. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada
icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key F pada keyboard.
m. Ink Bottle
Tool ini berguna untuk mewarnai garis tepi objek / stroke. Anda dapat memilihnya dengan
memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key S pada keyboard.
n. Paint Bucket Tool
Tool ini berguna untuk mewarnai objek / fill. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada
icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key K pada keyboard.
o. Eyedropper Tool
Tool ini berguna untuk menduplikat warna. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox atau dengan menekan shortcut key I pada keyboard.
p. Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk menghapus shape baik fill maupun stroke. Modifier untuk tool ini adalah:
1. Faucet, menghapus semua fill yang berwarna sama.
2. Eraser mode, sama seperti brush mode.
3. Eraser shape, bentuk dari penghapus.
2. View
Dalam bagian ini berisikan tool untuk merubah tampilan atau display dokumen, dimana sangat berguna jika anda ingin memperbesar atau memperkecil tampilan layer untuk melihat detail dari sebuah objek.
1 Hand Tool
Tool ini berguna untuk menggeser layer seperti halnya tangan. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox bagian view atau dengan menekan shortcut key H pada keyboard.
2 Zoom Tool
Tool ini berguna untuk memperbesar atau memperkecil layer seperti halnya lup. Anda dapat memilihnya dengan memilihnya pada icon dalam Toolbox bagian view atau dengan menekan shortcut key M atau Z pada keyboard.
3. Colors
Dalam bagian Color ini berisikan tool untuk merubah warna dari objek dabik itu berupa warna stroke maupun fill.
1 Stroke Color Tool
Stroke Color berguna untuk mewarnai bentuk stroke atau garis luar dari objek.
2 Fill Color Tool
Fill Color berguna untuk mewarnai bentuk fill atau warna dalam dari objek.
4. Options
Dalam bagian ini berisikan macam-macam option yang digunakan untuk melakukan modifikasi objek. Option dalam bagian ini dinamakan modifier dimana jenisnya bermacam-macam tergantung dari objek yang kita pilih.
1. Snap to object, bila option ini aktif maka pada saat membuat atau memindahkan objek maka
akan disnaping antara satu objek ke objek lainnya.
2. Smooth, option ini digunakan untuk menghaluskan outline yang telah dibuat, caranya seleksi
outline yang akan di modify lalu click option ini.
3. Straighten, option ini digunakan untuk meluruskan garis-garis outline yang telah dibuat, cara
pakai sama seperti smooth
C. STAGE
Stage merupakan tempat kerja yang dapat diisi layaknya secarik kertas, biasanya stage
dapat digunakan dengan menggunakan tool-tool yang ada di dalam Tools Panel.
D. TIMELINE
Untuk melihat ada atau tidaknya objek dalam bentuk frame. Dalam Timeline dapat juga membuat
objek menjadi beberapa lapisan, yang disebut dengan Layer.Timeline dalam Flash berguna untuk
mengatur letak dan waktu dari animasi sebuah objek. Dalam Timeline ini terdapat dua bagian
utama yaitu Layer dan Frame:
Dalam timeline dibagi menjadi 2 bagian,yaitu:
1. Layer
Dalam bagian Layer ini berguna sebagai tempat meletakkan objek. Untuk
membuat sebuah layer anda dapat dengan menggunakan cara klik icon Add Layer atau melalui
Menu Insert > Timeline > Layer
atau dengan cara klik kanan Layer > Insert Layer
2. Frame
Frame berfungsi untuk mengatur waktu dari objek ataupun animasi akan ditampilkan. Kecepatan
frame yang dimainkan sangat berpengaruh dari framerate yang digunakan. Makin tinggi
framerate maka akan makin cepat pula sebuah animasi akan dimainkan.
Kecepatan framerate sebuah animasi dapat diatur dengan cara double click frame pada Timeline, kemudian memasukkan nilai framerate yang anda inginkan.
Dalam timeline ada tiga cara memasukkan frame (Insert Frame) selanjutnya, yaitu :
a.Frame :Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam satu ruang lingkup frame sebelumnya.
b.Keyframe:Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam ruang lingkup yang berbeda dari sebelumnnya.
c.Blank Keyframe:Menambahkan frame dengan isi yang sama dalam ruang lingkup yang berbeda dari sebelumnnya.
E. PROPERTIES PANELS
1. Property Inspector dalam Flash berisi property dari objek yang kita pilih menggunakan Selection Tool . Tiap objek yang kita pilih memiliki property yang berbeda dengan objek lainnya. Sebagai contoh jika kita memilih objek lingkaran yang kita buat dengan Oval Tool
maka akan berbeda property-nya dengan teks yang kita buat menggunakan Text Tool
Dalam Property Inspector ini kita dapat merubah tiap property dari objek yang kita pilih baik itu berupa objek, maupun animasi dengan merubah parameter dalam Property Inspector objek maupun animasinya.
2. Actions Frame
Suatu fasilitas tambahan dari Flash berupa action script atau listing program yang dapat kita gunakan untuk menambah interaktivitas suatu objek tombol ataupun gambar.
F. PANELS
Panels di dalam macromedia flash 8 terdiri dari dua bagian utama yaitu, color dan library.
1. color
Dalam Flash, setiap objek yang dibuat akan dibuat dalam 2 warna, yaitu Fill color (warna dalam) dan Stroke color (warna luar/stroke). Setting kedua warna ini dapat dilakukan dari Tool Color dalam Toolbox, kemudian memilih salah satu warna dalam palet warna yang tersedia.
Sedangkan setting warna lebih lanjut dapat dilakukan dari Panel dengan memilih Panel Color Mixer sehingga akan terlihat seperti gambar berikut :
2. library
Library dalam Flash berguna untuk menyimpan berbagai objek maupun symbol yang digunakan
dalam aplikasi yang anda buat. Sebuah objek yang anda buat ataupun import ke dalam Flash maka secara
otomatis akan ditempatkan dalam bagian ini.
Anda dapat memasukkan objek yang terdapat dalam Library ke dalam Stage dengan melakukan drag
langsung objek dari Library ke dalam Stage.
Dalam Library ada 3 jenis simbol, yaitu Movie Clip, Button, dan Graphic.
Setiap kali simbol dibuat, simbol tersebut akan berada di dalam Library Panel. Dalam movie yang cukup besar, jumlah simbol yang digunakan akan sangat banyak. Library berguna untuk mengorganisasikan simbol-simbol dalam susunan yang memudahkan dalam penggunaannya. (Untuk membuka Library, pilih Window > Library atau Ctrl+L.
3. Panel Align & Info & Transform
Untuk menampilkan panel ini Anda dapat menekan Ctrl+K pada keyboard. Panel ini digunakan
untuk mengatur posisi objek, ingin diletakkan pada tengah stage, sebelah kiri atau kanan dan lain-lain.
Dengan panel ini Anda juga dapat memutar objek dengan Transform.
Gambar:

0 komentar:

Posting Komentar